Resensi Buku Risalah Ibnu Fadhlan (Ahmad bin Fadhlan)

Resensi ditulis oleh Di Mashudi yang dipublikasikan di ideatra.co.

Pada abad sebelum teknologi menjadi bagian dari hidup manusia, betapa pentingnya menjadi seorang yang melakukan ekspedisi ke berbagai wilayah untuk menggambarkan garis kekuasaan, menarasikan kebudayaan, keyakinan, serta bentuk dari manusianya. Sepertinya akan sangat mustahil kita dapat mengetahui kebiasaan masyarakat di dunia yang tak sempat terekam oleh media cetak mapun elektronik, tanpa kehadiran dan kerelaan tokoh-tokoh muslim abad ke-10.

Read more...

Resensi Buku Pencerahan Sufi (Syekh Abdul Qadir Jaelani)

Tulisan ini pernah tayang di bukupocer.com pada 22 Mei 2017

Islam sebagai agama, membawa seperangkat tata aturan berupa syariat. Tentu saja, syariat tersebut menuntut untuk dijalankan oleh umat Islam sebagai pedoman hidup dan pegangan dalam perikehidupan di dunia ini. Dimensi syariat itu, mengingat syariat Islam mewajibkan aneka ritual yang juga harus berasaskan syariat, pada gilirannya

Read more...

Resensi Buku Risalah Ibnu Fadhlan (Ahmad bin Fadhlan)

Ketika umat manusia menyadari akan urgensi sebuah sejarah, mereka akan mempelajari sejarah mereka sendiri. Pada gilirannya, umat manusia tersebut yang kemudian berafiliasi pada suatu bangsa itu menghendaki sejarah bangsa mereka. Mereka tercekam rasa penasaran dan rasa ingin tahu yang tinggi terhadap kisah masa lalu nenek moyang mereka. Namun demikian, bagaimana jika sejarah mereka itu sulit ditemukan dan dilacak?

Read more...

Resensi Buku Psikologi Revolusi (Gustave Le Bon)

Nama Gustave Le Bon (1841-1931) memang terlampau asing di telinga para pembaca di Indonesia. Meski demikian, namanya mempunyai tempat tersendiri bagi para pengkaji psikologi.

Read more...